Tujuh Tips Nadiem Saat PJJ, Guru Diminta Saling 'Menyontek'

  • Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng
  • 15 Oktober 2020
  • Dibaca: 47 Pengunjung

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim membagikan tujuh tips kepada guru agar optimal saat menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
 
Tips Pertama dari Nadiem ialah guru harus bisa mengelola stres dan melakukan adaptasi. "Pertama jangan stres. Ini adalah masa adaptasi, pasti tidak mudah, penuh dengan kebingungan, penuh dengan ketidakpastian, tapi ini normal, jadi jangan khawatir," Ujar Nadiem dalam Telewicara Guru Berbagi Praktik Baik, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Adaptasi awal yang perlu dilakukan ialah adopsi teknologi dan mencari metode terbaik dalam mengajar. Tips kedua ialah membagi siswa di kelas ke dalam kelompok belajar yang kecil.

"Sebagai contoh juga mengajar dalam lima jam dalam satu hari itu bisa dibagi menjadi lima kelompok yang lebih kecil, masing-masing satu jam melalui video conference," jelas Nadiem.

Tips ketiga, guru diminta melakukan project base learning. Guru diminta menggiring siswa untuk bisa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.
 
"Tips keempat, alokasikan lebih banyak waktu bagi mereka yang tertinggal. Ini kesempatan untuk memberikan fokus yang lebih banyak bagi murid-murid yang tertinggal di kelas, sehingga mereka bisa lebih percaya diri," sambungnya.
 
Tips kelima guru harus bisa memprioritaskan bahan ajar. Tidak semua materi ajar dalam silabus dipaksakan untuk selesai. "Ini mungkin kesempatan emas untuk menguatkan konsep-konsep fundamental yang mendasari kemampuan murid-murid untuk bisa sukses di mata pelajaran apapun, contohnya seperti literasi dan numerasi atau pendidikan karakter," jelas Nadiem.

Pada tips keenam, Nadiem meminta guru saling 'menyontek'. Dalam artian, guru bisa saling belajar untuk berinovasi. "Guru harus sering nyontek sama guru lain. Ada banyak sekali guru berinovasi dengan metode belajar online, ada guru yang lebih cepat, ada guru yang lebih lambat beradaptasi dengan teknologi. Jangan ragu-ragu meminta contoh-contoh atau best practice," tambah dia.
 
Tips ke tujuh guru harus membawa perasaan senang dalam mengajar. Guru harus menciptakan suasana PJJ yang tidak membosankan.
 

"Walaupun dalam krisis ini, kita harus mencoba hal baru untuk para murid, kita harus mendengarkan insting kita, seperti murid, ini saatnya guru dan orang tua berinovasi dengan melakukan banyak tanya, banyak coba dan banyak karya," pungkas Nadiem.

Sumber : https://www.medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/aNrX4D6k-tujuh-tips-nadiem-saat-pjj-guru-diminta-saling-menyontek

Share Post :