Tomat, Sayuran Multiguna yang Memiliki Banyak Keunggulan

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 07 September 2020
  • Dibaca: 70 Pengunjung

Tomat sangat mudah dijumpai di berbagai daerah, sayuran buah ini berasal dari dataran tinggi di pantai barat Amerika Selatan. Saat Spanyol menguasai Amerika Selatan, negara tersebut membawa sayuran ini ke koloni-koloni mereka yang tersebar di Karibia. Filipina menjadi negara pertama yang menyebarkan komoditas sayuran berwarna merah menyala di Benua Asia. 

Spanyol juga membawa komoditas tersebut ke Eropa. Kini, Anda bisa menemukan dengan mudah tomat di beberapa negara, termasuk Indonesia. Tanaman sayur ini dapat tumbuh dengan mudah di wilayah yang beriklim Mediterania.

Kepopulerannya disebabkan oleh rasa buah yang asam dan manis sehingga mampu memberikan kesegaran untuk tubuh. Seperti sayuran pada umumnya, tomat juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa zat pembangun jaringan tubuh dan zat penghasil energi yang terkandung di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan kalori.

Sayur ini juga digadang-gadang sebagai sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengobati berbagai penyakit. Salah satunya, sariawan.

Selain vitamin C, tomat juga mengandung vitamin A yang berguna untuk mencegah dan mengobati xeropthalmia pada mata.

Sebagai sumber mineral, sayur ini mengandung FE (zat besi) yang baik untuk membentuk sel darah merah atau hemoglobin. 

Tomat juga mengandung serat yang baik digunakan untuk memantu penyerapan makanan dalam sistem pencernaan serta mengandung potassium yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi.

Tanaman sayuran ini merupakan tanaman setahun atau hanya berumur satu kali periode panen dan akan mati setelah tanaman sudah berproduksi. Tanaman sayuran ini berbentuk perdu dengan tinggi yang mencapai 2 meter.

Ada banyak jenis tomat yang bisa Anda jumpai di pasaran, baik jenis yang berasal dari kultivar resmi maupun jenis yang berasal dari penamaan tidak resmi. 

Kultivar resmi merupakan jenis tomat yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sementara itu, penamaan yang tidak resmi tercipta dari penampakan sosok tanaman dan buah. Penamaan yang tidak resmi lebih sering dikenal oleh masyarakat.

Tanaman ini sangat mudah untuk dipelihara di pekarangan ataupun dijadikan komoditas usaha lantaran permintaan sayuran buah yang selalu ada tak pernah padam.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/tomat-sayuran-multiguna-yang-memiliki-banyak-keunggulan/

Share Post :