Strategi dan Upaya Pencapaian Produksi Padi Pada Musin Hujan di Kecamatan Busungbiu

  • Dinas Pertanian
  • 06 Maret 2020
  • Dibaca: 140 Pengunjung

Oleh : Gayatri Ade Pratiwi

BPP Busungbiu

 

 

Tanaman pangan yang paling kita kenal yaitu padi. Tanaman pangan saat ini perlu strategi dan upaya khusus untuk meningkatkan produksi. Ditambah lagi saat ini sedang memasuki musim penghujan. Sehinggal hal ini dapat membantu petani untuk memproduksi hasilnya dengan kualitas dan kuantitas tinggi.

Dari 20 subak dan 594 ha sawah yang terdapat di Kecamatan Busungbiu semuanya menanam padi dengan indeks penanaman yang berbeda. Dalam hali ini bersama PPL wilbin berusaha untuk mengupayakan kesejahteraan petani di Kecamatan Busungbiu.

Saat ini dimusim penghujan yang menjadi kendala dilapangan yaitu serangan hama dan penyakit. Serangan ini biasanya lebih banyak dari sebelumnya. Sehingga hal ini perlu strategi dan upaya untuk mencapai produksi tinggi khususnya padi. Strategi peningkatan produksi padi meliputi ;


1. Peningkatan produktivitas dengan menggunakan benih varietas unggul bermutu tinggi, pemupukan berimbang, pengelolaan pengairan dan perbaiki budidaya yang disertai pengawalan, pemantauan, pendampingan dan koordinasi.


2. Pengamanan produksi untuk mengurangi fenomena seperti banjir, kekeringan serta pengendalian OPT dan pengamanan kualitas produksi dari residu pestisida.


3. Penguatan kelembagaan dana manajemen dalam pelaksaan program dan penyempuraan manajemen kebijakan, data dan informasi.


Dengan menjalankan strategi tersebut perlu adanya upaya khusus untuk mencapai sasaran. Upaya yang perlu dilakukan dengan meningkatkan produksi diberbagai wilayah, sehingga semuanya mencapai pemerataan dan mencapai sasaran jika strategi-strategi yang berikan dapat dilakukan dengan baik.

 

Share Post :