Produk Makanan yang Terbuat dari Jagung

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 02 Juli 2020
  • Dibaca: 106 Pengunjung

Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang diminati oleh masyarakat Indonesia, meskipun kegunaannya bukan sebagai bahan pangan utama. Jagung memiliki banyak kandungan yang menyehatkan untuk tubuh dengan rasanya yang lezat. Ada banyak produk makanan yang terbuat dari jagung. Produk makanan dari jagung tersebut bisa menjadi camilan yang mengenyangkan juga menyehatkan. 

Produk makanan dari jagung umumnya memiliki cara pembuatan yang mudah. Berikut ini beberapa produk makanan dari jagung yang bisa menjadi ide untuk Anda berkreasi.

Dodol jagung

Dodol jagung memang belum begitu familiar. Bahan baku dodol jagung menggunakan tepung jagung, cara pembuatannya sama seperti memasak dodol pada umumnya.

Mi jagung

Selain dodol, mi jagung juga terbuat dari tepung jagung. Cara pembuatannya sama seperti membuat mi biasa.

Tortila chips

Camilan ini memang terkenal sebagai camilan dari jagung yang gurih. Sudah banyak produsen besar yang memproduksinya di pabrik. Proses pembuatannya dilakukan dengan proses perebusan, perendaman, pencucian, penggilingan, pencetakan adonan, pengeringan, dan penggorengan. Proses pembuatannya memang agak panjang. Pada dasarnya pembuatan keripik ini sama halnya dengan membuat keripik atau kerupuk.

Tapai jagung

Jagung akan melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Proses fermentasi tersebut akan melibatkan kapang atau khamir yang terdapat di dalam ragi. Biji jagung dipisahkan dari bonggolnya, lalu direbus selama 30 menit dan angkat untuk didinginkan. Jagung yang sudah dingin dicampur dengan ragi yang sudah dihaluskan menjadi butiran halus di dalam baskom dan aduk hingga merata.

Jagung yang sudah tercampur dengan ragi dibungkus dengan daun pisang atau plastik dan didiamkan selama tiga hari. Setelah tiga hari, tapai sudah siap disajikan.

Jagung marning aneka rasa

Jagung marning atau jagung kering merupakan camilan yang lezat yang bisa diberikan aneka varian rasa sesuai dengan selera. Proses pembuatannya terbilang cukup panjang, jagung harus direbus terlebih dahulu, lalu dikeringkan dan diberikan bumbu. Selanjutnya, pipilan jagung baru digoreng dan diberikan aneka rasa.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/produk-makanan-yang-terbuat-dari-jagung/

Share Post :