PENGENALAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TANAMAN KOPI

  • Dinas Pertanian
  • 07 Juli 2020
  • Dibaca: 233 Pengunjung

Oleh : Ketut sumantia,SP (PP.Madya, Distan Bll)

 

PENGENALAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TANAMAN KOPI

Penyakit tanman kopi, sangat merugikan petani kopi jika tidak ditanggulangi dengan baik dan berkesinambungan. Kerugian akibat serangan berbagai penyakit pada tanaman kopi bisa mencapai sampai 50 - 70 %.     Adapun beberapa penyakit tanaman kopi yang sering menyerang yaitu, Penyakit karat daun ( Hemelia vastratix), Penyakit Jamur Upas( Corticium salmonikcolor), Penyakit bercak daun(Cercospora caffeicola), Penyakit rebah batang dan penyakit akar.    1.Penyakit karat daun.Penyebab :Jamur Hemellia vastratix. Gejalanya:Bercak kuning pada daun bag.bawah.Penyebaran melalui air,angin. Faktor yang berpengaruh ketahanan tanman, hujan.PPengendalianMenanam tanaman tahan terhadap karat daun yaitu S.795, Andung sari

1. Pengobatan dengan Fungisida Nordox,Kocide, Cupravit dll. interval 2 minggu.Fungisida nabati dengan Ekstrak daun mahoni.

2.Penyakit Jamur Upas.Gejala penyakit, mati ranting. Penyebaran melalui air dan angin.Faktor yang berpengaruh curah hujan, kelembaban.PengendalianPotong cabang sakit sampai batas sehat. Kurangi kelembaban, dengan memangkas tanaman kopi dan pengaturan pohon penaung. Obati dengan fungisida Nordox, Cupravit.

3.Penyakit Bercak Daun.Gejala bercak bulat coklat pada daun.Penyebaran melalui air dan angin. Faktor yang berpengaruh kelembaban dan hujan.

4.Penyakit Rebah batang.Penyebab penyakit, jamur Rhizoctonia solani.penyebaran melalui air.Faktor yang berpengaruh, kelembaban,dan curah hujan.PengendalianSanitasi dengan mencabut tanman sakit dan membakarnya. Kurangi kelembaban.Semprot denganFungisida Nordox. Taburkan Tricoderma di sekitar pokok tanaman.

5.Penyakit Akar.Penyebab :Jamur Fomes Lamaoensis(jac).Gejala serangan, tanaman layu,menguning, mengering, mati mendadak. Penyebaran kontak akar.Penanggulangan. Tanaman yang sakit dibingkar. buat parit isolasi. Tanaman diolesi Fungisida atau Kapur + Urea. 

Demikian pengenalan dan penanggulangan beberpa penyakit kopi yang sering menyerang tanaman kopi. Segeralah tanaman kopi yang terserang diobati.



Share Post :