Mengetahui Proses Persilangan Cabai

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 29 Juli 2020
  • Dibaca: 73 Pengunjung

DKPP-Dalam proses persilangan cabai membutuhkan tetua dengan susunan genetik yang berbeda. Dari proses persilangan cabai tersebut akan menghasilkan varietas baru yang memiliki sifat yang lebih unggul dibanding kedua induknya. Proses ini biasa digunakan oleh para peneliti untuk menghasilkan varietas baru yang lebih unggul dari segi produktivitas hingga daya tahan terhadap hama dan lingkungan. 

Jika Anda tertarik untuk mencoba persilangan cabai, Anda bisa mengikuti beberapa langkah proses persilangan cabai di bawah ini.

Siapkan tanaman induk

Siapkan dua tanaman yang akan dijadikan induk, yang satu dijadikan induk betina yang lainnya dijadikan jantan. Agar proses berhasil, gunakan cabai besar sebagai betina dan cabai kering sebagai jantan.

Siapkan alat

Setelah dua pohon yang akan dijadikan induk siap, siapkan peralatan yang diperlukan selama proses persilangan. Peralatan itu terdiri atas spidol, pinset, selotip, gunting, benang ukuran sedang (benang jins), dan cawan untuk menampung polen atau bunga jantan. Pastikan semua peralatan lengkap agar proses persilangan berjalan lancar.

Pilih bunga betina

Pilih bunga betina yang sudah siap dibuahi atau bunga yang sudah mekar. Selanjutnya, lakukan kastrasi dan emaskulasi dengan cara dipelintir hingga mahkota bunga akan lepas bersamaan dengan kotak sari. Dengan begitu, kepala putik bunga sudah siap untuk diserbuki.

Siapkan tanaman jantan

Siapkan tanaman jantan dan ambil satu kotak sarinya. Setelah itu, gunakan pinset dan buka kotak sari tersebut untuk mengeluarkan polennya. Polen tersebut akan menempel di ujung pinset.

Oleskan polen

Segera oleskan polen yang menempel pada ujung pinset ke kepala putik. Pastikan kastrasi hingga penyerbukan berjalan maksimal satu menit. 

Sungkup bunga

Bunga yang sudah diserbuki disungkup dengan selotip. Tujuannya adalah agar bunga tidak diserbuki oleh polen bunga lain dan menyebabkan gagalnya proses ini. 

Keberhasilan penyerbukan

Jika penyerbukan Anda berhasil, akan ditandai dengan terbentuknya pentil buah setelah tujuh hari setelah penyerbukan. Buah hasil persilangan baru bisa dipanen setelah 1—1,5 bulan pascapenyerbukan. Pada saat itu buah sudah dalam keadaan matang sempurna.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/mengetahui-proses-persilangan-cabai/

Share Post :