MENGENAL BEBERAPA JENIS MUSUH ALAMI WERENG (PREDATOR

  • Dinas Pertanian
  • 13 Maret 2020
  • Dibaca: 248 Pengunjung

Oleh : RimaYanti/BPP Sukasada

 

MENGENAL BEBERAPA JENIS MUSUH ALAMI WERENG (PREDATOR)


Wereng merupakan salah satu hama tanaman yang banyak menyerang tanaman padi, terdapat banyak jenis wereng yang menyerang tanaman padi antara lain Wereng hijau, wereng batang coklat, wereng Zigsag dan wereng punggung putih. Di alam sebenarnya terdapat banyak jenis musuh alami wereng yang mampu menekan keberadaan hama wereng. Musuh alami wereng di bagi menjadi 3 yaitu: predator, parasite dan pathogen. Pada artikel ini akan di bahas beberapa jenis predator hama wereng pada tanaman padi

1) Laba-laba Serigala (Lycosa pseudoanulata)
Laba-Iaba ini aktif mencari dan memburu mangsanya. Kemampuan memangsa¬nya tinggi antara lain tergantung dari ukuran mangsa dan keaktifan dari mangsa. Mangsa yang lebih besar akan diperlukan lebih kecil jumlahnya dibandingkan de¬ngan mangsa yang kecil. Kemampuan predator ini menangkap dan memangsa ha¬ma yang kurang aktif seperti nimfa N. virescens, sangat kecil sekitar 0,293 - 3,75 ekor/hari.

2) Laba-laba Bermata Jalang (Oxyopes javanus)
Laba-laba ini merupakan laba-laba aktif yang memburu mangsanya. Jenis mangsanya wereng batang coklat, wereng hijau, wereng punggung putih (8 ekor/hari), wereng zigzag, lalat padi, hama putih dan hama putih palsu. Laba-Iaba ini mem¬punyai ciri-ciri sebagai berikut: ukuran 7 - 10 mm, pada tungkai terdapat duri-duri yang panjang dengan mata berbentuk segi enam. Rentang hidup 150 hari dengan jumlah telur yang dihasilkan 350/betina.

3) Laba-laba Berahang Empat (Tetragnatha spp.)
Laba-Iaba ini tidak begitu aktif menyerang mangsanya. Disiang hari laba-Iaba ini banyak diam dan dimalam hari aktif membuat sarang dan mangsa yang terjerat oleh sarangnya baru ditangkap serta dimakan. Jenis serangga yang dimangsa adalah wereng coklat, wereng hijau, wereng pungguh putih, wereng hijau, wereng punggung putih, wereng zigzag dan lalat padi.

4) Kepik Permukaan Air (Microvellia douglasi atrolineata)
Kepik ini hidupnya bergerombol dipermukaan air dan sangat aktif menyerang hama/serangga yang jatuh dipermukaan air dan tertarik oleh sinar. Jenis mangsa predator ini adalah wereng coklat, wereng hijau, wereng punggung putih, larva penggerek batang padi dan yang baru menetas.

5) Kepik Mirid (Cyrtorhinus lividipennis) Kepik ini berwarna hijau dan biasanya dijumpai pada tempat yang hamanya tinggi. Predator ini aktif memburu mangsa dan gerakannya seperti wereng coklat dan pada malam hari mempunyai silat tertarik terhadap cahaya sinar. Jenis mangsanya wereng coklat, wereng hijau, wereng punggung putih, wereng zig-zag dan lalat padi. 

6) Kumbang Stacfilinea (Paederus fuscipes) Predator ini aktif mencari mangsa pada malam hari dan dapat berenang di air atau pada bagian tanaman. Jenis mangsanya adalah wereng coklat, wereng hijau, hama putih, wereng zig-zag, wereng punggung putih dan larva ulat bulu yang masih muda. 

7) Kumbang Karabid (Ophionea nigrofasciata)
Predator ini aktif mencari mangsa pada siang hari dan dapat berenang. Jenis mangsanya adalah wereng coklat, wereng hijau, hama putih, wereng zig-zag, wereng punggung putih, ulat bulu, ulat jengkal dan penggerek batang padi.

8) Capung jarum (Agriocnemis spp.)
Kinjeng dom atau sering juga disebut capung kecil biasanya dijumpai di bawah tajuk tanaman dan bila hinggap pada batang tanaman tubuhnya mengarah lurus ke bawah. Capung ini merupakan predator wereng hijau, wereng coklat, wereng punggung putih dan hama putih palsu.

9) Belalang Bertanduk Panjang (Conocephalus longipennis)
Predator ini sangat aktif dipagi hari, merupakan predator telur penggerek batang dan predator wereng coklat, wereng hijau, wereng zig-zag dan wereng punggung putih. Predator ini mempunyai panjang tubuh 25 - 32 mm dan mempunyai ciri khas antenanya 2 - 3 kali panjang tubuhnya dan tubuh berwarna hijau. Tempat hidupnya pada daun atau malai tanaman padi.

10) Kumbang Koksinelid (Synharmonia octomaculata)
Kumbang ini merupakan predator wereng batang coklat, wereng punggung putih, wereng hijau, wereng zig-zag, aphis, hama putih palsu dan penggerek batang padi. Larva predator ini aktif memangsa secara berkelompok.
Sumber:http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/81202/Mengenal-Beberapa-Musuh-Alami-Hama-Wereng-Batang-Coklat-Pada-Tanaman-Padi/

Share Post :