Kolam Ikan yang Strategis dari Segi Sosial Ekonomi

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 28 Juli 2020
  • Dibaca: 271 Pengunjung

DKPP- Kolam ikan yang Anda buat seharusnya bisa dinilai efektif dari segi sosial ekonomi karena bisa memengaruhi kelancaran usaha budidaya ikan yang sedang dijalani. Menguntungkan secara ekonomi artinya adalah lokasi kolam yang dipilih berdasarkan efisiensi dan pemasaran. Berikut ini kolam ikan yang strategis ditinjau dari segi sosial ekonomi.

Dekat dengan jalan umum

Akses menjadi salah satu perihal yang jarang disadari, tetapi sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha budidaya. Jika kolam dibuat terlalu jauh dari jalan umum, sebaiknya sediakan jalan khusus agar mobil pengangkut ikan, mobil pengangkut bahan kolam dan sarana produksi lainnya, bisa mudah menjangkau lokasi kolam Anda.

Jika akses yang dituju sulit dijangkau oleh kendaraan biasanya akan menyebabkan kenaikan pada ongkos distribusi. Hal tersebut menyebabkan ongkos produksi menjadi lebih tinggi. Berbeda dengan kolam yang ditunjang dengan prasarana jalan yang baik, biasanya para pedagang atau tengkulak akan lebih senang mengunjunginya.

Dekat dengan rumah

Usaha perikanan membutuhkan perhatian yang harus diberikan setiap saat. Perhatian tersebut berfungsi menjaga kesehatan ikan peliharaan, kondisi kolam serta sarana produksi, dan beberapa hal penting lainnya. Tidak seperti barang di toko yang bisa ditinggal begitu saja, usaha budidaya ikan membutuhkan pengorbanan agar bisa berkembang dan berhasil. Oleh karena itu, lokasi kolam yang berdekatan dari rumah lebih efisien. 

Jika pengawasan yang diberikan kurang, bisa menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Jika Anda membuat kolam yang agak jauh dari rumah, sebaiknya sediakan rumah jaga dan menyewa pekerja yang bisa mengawasi kolam tersebut.

Daerah pengembangan budidaya ikan

Usaha yang dibangun di daerah pengembangan budidaya menjadi nilai khusus karena pembudidaya dapat memasarkan hasil panen lebih besar. Selain itu, pembudidaya sebaiknya menyesuaikan komoditas ikan yang dipelihara adalah ikan yang disenangi oleh masyarakat setempat. 

Keamanan terjamin

Jangan mengabaikan sisi keamanan dari gangguan, baik gangguan yang berasal dari manusia maupun hewan yang bisa menjadi pemangsa ikan di kolam. Gangguan tersebut bisa menyebabkan Anda merugi sehingga harus diwaspadai lebih dahulu. Salah satu cara mengurangi risiko gangguan dari manusia adalah berhubungan baik dengan penduduk di sekitar kolam.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/kolam-ikan-yang-strategis-dari-segi-sosial-ekonomi/

Share Post :