KKP Terus Tingkatkan Mutu Hasil Perikanan

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 08 Juni 2020
  • Dibaca: 174 Pengunjung

Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk terus meningkatkan Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SJMKHP). Rina selaku Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) mengatakan selama masa pandemi pihaknya tetap melaksanakan fungsi pengendalian dengan menerapkan protokol kesehatan. 

“Layanan ekspor produk perikanan tetap berjalan dengan meminimalkan kondisi tatap muka langsung dengan pengguna jasa,” tutur Rina seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

BKIPM sudah melakukan beberapa langkah untuk mengupayakan agar proses peningkatan mutu hasil perikanan tetap berjalan lancar meski di tengah pandemi Covid-19, di antaranya penyederhanaan prosedur inspeksi. Bagi unit pengolahan ikan (UPI) yang berada di daerah zona merah inspeksi dilakukan secara virtual. BKIPM juga sudah mengatur waktu dan jumlah inspektur yang bertugas.

Rina mengatakan pihaknya sudah mengembangkan aplikasi HACCP online system. Oleh karena itu, seluruh tahapan untuk menerbitkan sertifikat HACPP untuk syarat ekspor seperti inspeksi sampai penerbitan sertifikat bisa dilakukan secara online.

BKIPM juga mempercepat waktu pelayanan yang semula 15 hari menjadi hanya 10 hari kerja. Rina mengatakan selama pandemi Covid-19, BKIPM sudah melakukan inspeksi terhadap 74 UPI dan sudah menerbitkan sertifikat PMMT/HACCP untuk 190 ruang lingkup produk.

Hal tersebut bertujuan mempermudah proses ekspor produk perikanan selama masa pandemi. Hingga April 2020, produk perikanan dari Indonesia yang sudah berhasil diekspor tercatat sebanyak 447.281 ton, senilai USD 2.211.010.738.

Selain meningkatkan sistem dalam prosedur penerbitan sertifikat mutu produk perikanan, BKIPM juga meningkatkan kualitas kompetensi para inspektur mutu yang menjalankan tugasnya di lapangan.

Untuk meningkatkan kinerja, BKIPM bekerja sama dengan UNIDO-Smartfish 2 untuk melaksanakan inspektur mutu. Workshop tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan para inspektur mutu. Mereka adalah garda terdepan untuk menjaga sekaligus memastikan produk perikanan yang akan diekspor atau dijual di pasar dalam negeri sudah aman dan berkualitas.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/kkp-terus-tingkatkan-mutu-hasil-perikanan/

Share Post :