Cara Cepat Bersihkan Sisik Ikan yang Keras

  • Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 14 Agustus 2019
  • Dibaca: 59 Pengunjung

Ikan merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan. Gizi yang terkandung dalam ikan sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan gizi harian. Akan tetapi, hal yang paling menyebalkan dalam mengolah ikan, yaitu membersihkan sisiknya. Tapi jangan cemas, sebenarnya ada cara cepat bersihkan sisik ikan, bahkan yang keras sekalipun. 

Perlu diketahui terlebih dahulu, tantangan dalam mengolah ikan tak hanya berada pada sisiknya saja. Anda juga akan dihadapkan pada bau amis dan sifat daging ikan yang mudah meletup saat digoreng.

Bau amis ikan bisa diatasi dengan memberi perasaan air jeruk nipis. Untuk mengurangi letupan ikan saat digoreng, Anda bisa mengurangi kadar minyak. Lalu, bagaimana cara membersihkan sisik ikan yang kadang bisa sangat keras?

Melansir laman Fimelacom, penggunaan air hangat disarankan untuk membersihkan sisik ikan. Caranya, rendam ikan di dalam air hangat yang telah diberi perasan air jeruk nipis dan sedikit taburan garam.

Rendam ikan kira-kira selama 5 menit, lalu mulai bersihkan sisik menggunakan pisau. Kerok sisik ikan dengan pisau yang agak dimiringkan. Letakkan ikan di atas talanan agar lebih mudah melakukan langkah ini.

Selanjutnya, cuci ikan di bawah air mengalir. Mencuci dengan cara ini memudahkan Anda tahu berapa besar bagian ikan yang sudah bersih dari sisik atau sebaliknya. Bersihkan sisik dengan hati-hati agar ikan tidak robek, apalagi hancur.

Kendati sisik ikan yang keras bisa diatasi dengan cara di atas, sebaiknya Anda juga tetap memperhatikan keadaan ikan saat dibeli. Pasalnya, ikan yang sudah tidak segar cenderung memiliki kondisi tubuh dengan sisik hampir mustahil dibersihkan.

Kalaupun berhasil, beberapa bagian sangat mungkin jadi hancur dan tekstur daging tak lagi selembut saat kondisi ikan masih segar. Ikan yang sudah tak lagi segar juga rentan bau, beracun, bahkan mengalami penurunan nutrisi.

Sumber : https://www.pertanianku.com/cara-cepat-bersihkan-sisik-ikan-yang-keras/

Share Post :