Business Consultant : Tugas dan Tanggung Jawabnya

  • Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng
  • 02 Juli 2020
  • Dibaca: 178 Pengunjung

 

Dalam dunia bisnis Anda pernah mendengar Business Consultant cukup sering bukan? Business Consultant atau sering disebut sebagai konsultan bisnis sebenarnya adalah salah satu bisnis dari banyak bisnis yang dijalankan oleh para profesional, dan baru-baru ini sangat populer. Konsultan bisnis bergerak secara individu dan membantu banyak sekali perusahaan dan organisasi. Namun, apakah Anda tahu detail bagaimana menjadi seorang Business Consultant dan tanggung jawabnya sebagai konsultan?

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi, manfaat, tanggung jawab seorang Business Consultant. Segera kita bahas bersama-sama Yuk!

Apa yang dimaksud Business Consultant?

Konsultan dan bisnis adalah dua kata yang saling melengkapi. Jadi secara harfiah Business Consultant adalah bisnis dijalankan dengan memberikan bimbingan, baik untuk bisnis dan individu. Berdasarkan arti tersebut, Anda berpikir peran konsultan bisnis hanya memberi saran kepada perusahaan, bukan? Tugas tersebut tidak hanya memberikan saran. Seorang konsultan juga harus mampu memberikan solusi  atas suatu masalah. Secara umum, Business Consultant diperlukan oleh berbagai bisnis lain yang ingin berkonsultasi pada perencanaan dan pengembangan perusahaan

 

Tugas Seorang Business Consultant

Pada bagian sebelumnya telah sedikit  tugas Business Consultant, salah satunya adalah untuk memberikan saran dan solusi untuk masalah. Namun, ada tugas lain yang perlu diketahui, antara lain: 

 

Menyediakan jasa konsultasi untuk sebuah organisasi atau perusahaan

Seorang konsultan harus mampu memberikan layanan konsultasi kepada klien mereka. Namun, mereka harus belajar bisnis secara menyeluruh dan memeriksa secara rinci data client. Tujuannya adalah untuk menghindari kegagalan pada saat konsultasi.

 

Mengidentifikasi masalah yang ada

Selain memberikan saran, seorang konsultan juga harus mampu mengidentifikasi masalah yang ada dalam suatu perusahaan. Baik perusahaan maupun perusahaan yang mengembangkan insider baru. Kemudian mereka harus dapat mengevaluasi keuntungan dan kerugian dari aktivitas klien

Memberikan solusi untuk masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya

Setelah mengidentifikasi masalah, konsultan bisnis juga harus mampu menganalisis dan memberikan solusi serta mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi untuk tepat sasaran.

 

Membuat rencana bisnis dan dapat melihat peluang yang ada

Seorang konsultan bisnis berkewajiban untuk mengembangkan rencana bisnis. Anda pun dapat mengetahui apa yang dilakukan untuk memenuhi target pelanggan yang diinginkan.

 

Aktif menjalin komunikasi yang baik pada semua klien

Konsultan bisnis juga harus mampu secara aktif berkomunikasi. Tujuannya adalah untuk dapat terus memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan usaha perusahaan

 

Manfaat Business Consultant bagi kelangsungan bisnis

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari konsultasi bisnis bersama konsultan demi kelangsungan bisnis  perusahaan, yaitu:

Menghindari kerugian 

Dengan menyewa seorang Business Consultant, perusahaan Anda akan dapat menghindari kerugian dari sisi keuangan. Mengapa? Karena ketika perusahaan melakukan konsultasi bisnis, usaha mereka akan dijamin keberlanjutan usahanya dari sisi keuangan dengan menunjukkan proyeksi analisis bisnis.

Memiliki banyak trik

Seorang Business Consultant juga perlu memiliki banyak hal trik untuk menghadapi perubahan yang terjadi dan cenderung memanfaatkan semua peluang, termasuk kesempatan yang lebih kecil sekali pun.

Mengatasi masalah tanpa masalah

Konsultan bisnis telah berkarir memiliki pengalaman yang luas terhadap seluk-beluk perusahaan. Jadi ia mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa timbul dan menerapkan berbagai solusi untuk mengantisipasi dan memecahkan masalah.

Meningkatkan keuntungan perusahaan

Konsultan akan mempersiapkan dan secara konsisten memandu client untuk mencapai tujuannya. Mereka memiliki pengaruh yang besar oleh bentuk pertumbuhan yang terjadi dalam masyarakat. Maka tak heran jika perusahaan  dapat meningkatkan tingkat pertumbuhan pendapatan setelah berkonsultasi.

Jaringan Semakin Luas

Dalam pelaksanaan rencana bisnis, sering kali perusahaan membutuhkan sumber daya yang belum dimiliki dalam perusahaan. Seorang konsultan bisnis yang telah berurusan dengan begitu banyak orang dapat membentuk  jaringan kerjasama yang semakin luas dan saling menguntungkan. 

Tanggung jawab Business Consultant 

Untuk tanggung jawab yang diemban oleh Business Consultant, Anda dapat melihat berikut.

  1. Mengatur dan melaksanakan proyek-proyek bisnis di layanan atas perusahaan (rekrutmen, gaji, kampanye promosi, dll)  menurut kebutuhan 
  2. Bertemu dengan klien yang terkena dampak dalam hal kebutuhan dan untuk memberikan penilaian awal dari situasi yang bersangkutan
  3. Mengumpulkan informasi tentang bisnis klien melalui berbagai metode (observasi, wawancara, survei, laporan, dll)
  4. Menganalisis dan menginterpretasikan data untuk mengeksplorasi kelemahan dan masalah serta untuk memahami penyebabnya
  5. Memberikan rekomendasi dan solusi dengan mempertimbangkan keinginan, kemampuan dan limit client 
  6. Menyajikan hasil dan saran yang cukup dan saran praktis
  7. Mengembangkan rencana bisnis yang terperinci untuk mendorong perubahan
  8. Membantu client dalam pelaksanaan rencana dan melengkapi perbedaan sesekali
  9. Memberikan saran tentang isu-isu dan masalah yang terjadi

Business Consultant Terhadap Perusahaan

Melalui konsultasi bisnis, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Penggunaan jasa konsultasi bisnis dapat menyebabkan rasa perusahaan ketergantungan atas jasa konsultasi bisnis. Perusahaan harus tetap menghubungi dewan direksi internal dalam memecahkan permasalahan perusahaan. 

Nah, jika dewan direksi internal sudah tidak mampu menghadapi permasalahan yang ada atau situasi darurat, barulah perusahaan perlu menggunakan jasa konsultasi bisnis eksternal. Dengan demikian, peranan business consultant hanya dapat digunakan dalam situasi mendesak dan keputusan dewan direksi internal untuk menyelesaikannya. 

 

Share Post :