BUNGA KEDUA DAN TERAKHIR KOPI ROBUSTA DI BULAN OKTOBER

  • Dinas Pertanian
  • 10 Oktober 2019
  • Dibaca: 56 Pengunjung

Dengan ketinggian 600-700 Meter Dpl Desa Pucaksari merupakan desa dengan potensi unggulan Kopi robusta , dimana hampir seluruh lahan perkebunan hasil pokok tahunan adalah dari perkebunan kopi robusta , dari pasca panen yang sudah berlalu maka tersisa harapan pembungaan baru.

Secara umum kopi robusta berbunga pasca panen hingga dua kali , meski secara kasat mata kadang berbunga hingga 3-4 kali akan tetapi itu tidaklah serentak karena faktor hujan yang turun.

Proses penyerbukan calon bakal kopi robusta terjadi ketika bunga mulai mekar dengan ciri bau harum yang semerbak sangat khas bunga kopi robusta, setelah penyerbukan terjadi maka bakal buah dengan bahasa lokal petani menyebut "mata yuyu" maka disana bisa dilihat jumlah satu tahun kedepan yang akan petani dapatkan dengan prediksi mreka masing-masing sesuai areal garapan.

Dengan selesainya masa pembungaan terakhir maka petani tinggal meneruskan perawatan umum seperti merabas rumput secara berkala agar tidak mengganggu/mengundang cendawan lain perusak bakal buah kopi robusta.

 

Sumber foto : Banjar Dinas Beteng Desa Pucaksari.

Harisca BPP BUSUNGBIU

Share Post :