Apa Itu Olahraga Interval Training?

  • Rumah Sakit Umum Daerah
  • 15 Januari 2020
  • Dibaca: 639 Pengunjung

Kesibukan dari pagi hingga sore hari terkadang membuat Anda kesulitan mengatur jadwal untuk olahraga. Anda tidak perlu pusing karena interval training dapat menjadi salah satu solusi Anda untuk berolahraga.

Interval training tidak menghabiskan banyak waktu dan umumnya tidak perlu dilakukan di gym maupun tempat tertentu. Singkatnya, interval training ideal bagi Anda yang memiliki jadwal yang padat tetapi tetap ingin bugar dengan berolahraga secara rutin.

Apa yang dilakukan saat interval training?

Interval training merujuk pada aktivitas olahraga yang dilakukan secara intens dalam waktu yang singkat, misalnya 30 detik, dan kemudian dipadukan dengan melakukan olahraga tersebut dalam durasi yang lebih panjang dengan intensitas yang lebih rendah, seperti tiga sampai empat menit.

Pada dasarnya interval training menggabungkan intensitas tinggi dalam periode yang singkat dan cepat, serta fase pemulihan dengan intensitas rendah yang lebih lama. Anda bisa mengatur durasi interval training sesuai dengan kapasitas tubuh Anda.

Contohnya, jika Anda melakukan memilih berjalan sebagai olahraga Anda, maka Anda bisa memasukkan jogging dalam durasi yang singkat sebelum kembali berjalan seperti biasa. Ulangilah pola tersebut beberapa kali sampai Anda memutuskan untuk menyelesaikan olahraga Anda.

Interval training memaksimalkan penggunaan gula dan karbohidrat dalam tubuh. Saat Anda melakukan olahraga dalam intensitas yang tinggi dan cepat, tubuh akan membakar glikogen dalam otot. 

Setelahnya saat Anda melakukan olahraga dengan intensitas yang rendah, tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai bahan baku energi. 

Olahraga dengan interval training diyakini lebih tahan lama karena tubuh lebih bisa beradaptasi dengan asam laktat yang memicu pegal pada otot. Oleh karenanya, interval training membantu Anda untuk bisa berolahraga lebih lama tanpa dihalangi rasa nyeri dan pegal.

Apa saja kelebihan interval training?

Interval training tidak hanya memberikan Anda pilihan lain yang fleksibel dalam berolahraga, tetapi juga memiliki kelebihan lainnya dibandingkan olahraga dengan metode biasa, seperti:

  • Membakar lebih banyak kalori

Meskipun olahraga biasa juga membakar kalori, uniknya olahraga yang menggunakan metode interval training akan mengeluarkan kalori lebih banyak daripada olahraga biasanya karena terdapat durasi yang memerlukan Anda berolahraga secara intens.

  • Efisiensi waktu

Olahraga dengan metode interval training cocok untuk Anda yang memiliki sedikit waktu untuk berolahraga. Anda bisa tetap berolahraga secara efektif dengan waktu yang lebih sedikit.

  • Bervariasi

Anda dapat meningkatkan, mengurangi intensitas, ataupun mengganti-ganti pola olahraga sehingga tidak cepat bosan.

  • Peningkatan kardiovaskular

Saat menerapkan interval training dalam olahraga Anda, Anda akan mengalami peningkatan pada kemampuan tubuh dalam menyalurkan oksigen ke otot. 

  • Naiknya kecepatan dan ketahanan tubuh

Interval training membantu menambah kecepatan Anda karena memiliki waktu atau interval yang mengharuskan Anda mempercepat gerakan dan menambah intensitas olahraga. 

Selain itu, interval training membentuk toleransi Anda terhadap penumpukan asam laktat di otot yang membuat Anda nyeri dan pegal.

  • Menghindari kelelahan saat olahraga

Interval training meliputi masa pemulihan dan karenanya Anda tidak perlu khawatir cepat merasa lelah saat melakukan olahraga. Anda juga bisa menghindari olahraga secara berlebih dengan metode interval training.

  • Mencegah cedera

Variasi dalam interval training membantu mencegah cedera akibat penggunaan salah satu anggota tubuh secara berlebih, terutama pada olahraga yang membutuhkan ketahanan tubuh.

  • Tidak butuh perlengkapan tertentu

Anda tidak membutuhkan perlengkapan khusus saat melakukan olahraga dengan metode interval training. Anda hanya membutuhkan niat dan sedikit waktu untuk berolahraga dengan metode interval training.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai interval training

Meskipun terdapat berbagai keuntungan melakukan interval training, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan menggunakan metode ini untuk berolahraga.

Metode interval training tidak direkomendasikan untuk orang-orang yang tidak terbiasa atau baru mau mulai berolahraga. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, selalu konsultasikan ke dokter sebelum memulai interval training.

Pastikan tubuh Anda benar-benar siap dan lakukan pemanasan sebelum memulai interval training untuk menghindari cedera. Anda dapat mencobanya sekali secara perlahan untuk mengetahui kapasitas Anda. Jika terlalu berat, kurangi intensitas dari olahraga yang dilakukan.

Share Post :