6 Bidang Pengembangan Kemampuan Anak, Ortu Wajib Memahami

  • Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng
  • 29 Juli 2020
  • Dibaca: 183 Pengunjung

 Terkait soal stimulasi perkembangan anak usia dini yang berorientasi pada anak-anak berusia 0 tahun hingga kurang lebih mencapai usia 8 tahun, para orang tua harus mengetahui tentang ranah perkembangan anak. Karena sebelum melakukan stimulasi perkembangan mereka, kita harus paham dulu bidang apa saja yang harus dikembangkan untuk mengasah kemampuan anak sebagai modal dasar bagi kehidupan mereka nanti.

Adapun bidang pengembangan anak dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah sebagai berikut :

1. Nilai Agama dan Moral

 Bidang pengembangan ini terkait dengan pengenalan keTuhanan, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, tata cara beribadah pada agama masing-masing, menghormati kehidupan beragama, serta moralitas.

2. Fisik Motorik

Dalam bidang pengembangan ini dibagi menjadi 2, yaitu fisik motorik kasar dan fisik motorik halus.

a. Motorik Kasar

Pengembangan yang terkait dengan kemampuan olah tubuh atau gerak yang melibatkan otot-otot besar, seperti berolahraga, berjalan, melompat, berlari, merangkak, bermain bola, senam dan sebagainya.

b. Motorik halus

Pengembangan ini melibatkan koordinasi antara panca indera khususnya mata (penglihatan) dengan otot-otot kecil, atau kemampuan jari jemari, seperti kemampuan menjumput, memegang, meronce, mencap, dan sebagainya.

3. Sosial Emosional

Adalah pengembangan yang berhubungan dengan pengenalan emosi diri (mampu mengekspresikan emosi, senyum, marah, sedih, atau menangis pada saat yang tepat), pembentukan karakter / kepribadian, dan tata cara berinteraksi sosial terhadap lingkungan sekitar.

4. Kognitif

Bidang pengembangan kognitif meliputi kemampuan berfikir kritis dan penyelesaian masalah, seperti kemampuan mengenal konsep bilangan, berhitung, mengenakan puzzel, maze, dll.

 5. Bahasa

Adalah pengembangan terkait dengan kemampuan menangkap dan mengungkapkan informasi (berkomunikasi), serta kemampuan pengenalan keaksaraan seperti mengenal huruf abjad, membaca dan menulis.

6. Seni

Pengembangan seni terkait dengan kemampuan estetika / keindahan, kerapihan, membuat hasil karya dengan berbagai media seperti menggambar, kolase, mencap, dll., serta kemampuan yang berhubungan dengan musikalitas seperti bernyanyi, bermain alat musik,. bersyair, dan sebagainya.

Itulah berbagai bidang pengembangan kemampuan anak yang harus dipahami oleh para orang tua, agar tepat sasaran dalam memberikan stimulasi dan perkembangan anak dapat mencapai maksimal.

Sumber : https://www.kompasiana.com/desimamaci/5edaf1fad541df76fc1779e2/6-bidang-pengembangan-kemampuan-anak-ini-ortu-wajib-memahami?page=1

Share Post :