5 Vitamin untuk Kulit dan Cara Mendapatkannya

  • Rumah Sakit Umum Daerah
  • 15 Januari 2020
  • Dibaca: 307 Pengunjung

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat? Nah, agar kulit tidak mudah rusak akibat terpapar sinar matahari atau terkena debu, Anda dapat menggunakan vitamin untuk kulit yang datang dalam bentuk suplemen maupun didapat dari bahan-bahan alami.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, para dokter kulit pertama-tama akan menyarankan Anda agar membatasi waktu saat berada di bawah sinar matahari langsung. Anda pun disarankan untuk mengoleskan tabir surya setiap hari, sekalipun Anda jarang beraktivitas di luar ruangan.

Setelah itu, baru dokter akan merekomendasikan vitamin yang cocok untuk kulit Anda. Vitamin akan berfungsi mencegah terjadinya bintik hitam, kemerahan, keriput, garis kasar, hingga kering pada kulit.

Jenis vitamin untuk kulit

Dari sekian banyaknya vitamin, setidaknya ada lima jenis vitamin untuk kulit yang sangat dibutuhkan oleh bagian terluar dari tubuh Anda ini. Vitamin berikut dapat meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

  • Vitamin A

Vitamin A untuk kulit sangat berguna karena mengandung antioksidan. Antioksidan inilah yang dapat mencegah kerusakan akibat terpapar langsung sinar matahari.

Dengan vitamin A yang cukup, kulit dapat terhindar dari kerutan, jerawat, mencegah penuaan dini dan bahkan mampu meningkatkan produksi kolagen. Sebaliknya, kulit yang kekurangan vitamin A, akan menimbulkan kekeringan, gatal dan bergelombang.

Untuk mendapatkan vitamin A, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu, seperti wortel, sayuran hijau, ubi, dan telur. Mangga dan pepaya juga termasuk buah-buahan yang kaya akan vitamin A.

Selain itu, vitamin A juga bisa didapatkan melalui cara lain, yaitu dengan krim atau serum khusus vitamin A. Pilihlah krim yang mengandung beberapa zat, seperti retinoid, tretinoin, dan isotretinoin.

  • Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin untuk kulit yang utama dibutuhkan tubuh karena bersifat sebagai antioksidan. Vitamin C untuk kulit ini mampu menangkal radikal bebas dan meremajakan kulit, hingga mencegah kanker kulit.

Dalam beberapa penelitian, vitamin C berguna untuk merangsang produksi kolagen kulit sehingga elastisitas kulit terjaga dengan baik. Kulit yang sering mendapat asupan vitamin C juga dapat mempertahankan kelenturannya meski sering terpapar sinar UV.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda bisa menemukannya di buah-buahan, seperti jeruk, dan stroberi. Sumber vitamin C lainnya juga terdapat di sayur-mayur, seperti brokoli serta bayam.

Mengonsumsi suplemen khusus juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C pada kulit. Namun, suplemen tersebut akan lebih baik jika sesuai dengan anjuran yang diberikan dokter.

  • Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E untuk kulit bersifat antioksidan. Fungsi utamanya adalah melindungi kulit dari radikal bebas akibat sinar UV, mencegah kulit kering, dan menunda timbulnya keriput pada kulit.

Pada orang dewasa, vitamin E dibutuhkan sekitar 15 mg setiap harinya. Untuk memenuhinya, Anda bisa menambah asupan makanan dari kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, hazelnut, serta biji bunga matahari. Mengonsumsi suplemen juga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin E pada kulit.

  • Vitamin D

Anda mungkin mengenal fungsi vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang. Padahal, vitamin D juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Bahkan vitamin untuk kulit yang satu ini ini juga memiliki efek positif dalam pengobatan psoriasis, yakni penyakit kulit yang ditandai dengan ruam merah, kering, tebal dan bersisik. Turunan vitamin D, yaitu calcitriol, efektif dalam membantu menangani penderita psoriasis dengan cara mengurangi peradangan dan iritasi.

Vitamin D bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon, ikan sarden, telur, sereal dan susu bubuk yang diperkaya vitamin D. Paparan sinar matahari juga dapat membantu produksi vitamin D dalam tubuh.

  • Vitamin K

Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah pada tubuh sehingga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka, lebam, dan area bekas operasi. Sedangkan bagi kulit, fungsi vitamin K juga dianggap mampu membantu menyembuhkan kondisi kulit tertentu, seperti stretch mark, bekas luka, bintik-bintik hitam, dan kantung di bawah mata.

Vitamin K dapat diperoleh dari krim kulit. Selain itu, vitamin ini juga bisa ditemukan dalam makanan, yaitu sayuran berdaun hijau, seperti brokoli dan bayam, minyak nabati, serta biji-bijian.

Share Post :