5 Produk Fermentasi Ikan yang Laku di Pasaran

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 29 Juli 2020
  • Dibaca: 654 Pengunjung

DKPP-Indonesia memiliki sumber daya ikan yang sangat melimpah, hal ini disebabkan 2/3 wilayah Indonesia merupakan wilayah periaran. Sumber daya ikan ini memiliki potensi yang cukup besar sebagai penyumbang devisa Negara dan membuka lapangan pekerjaan. Tidak hanya produk ikan mentah yang laku di pasaran, produk fermentasi ikan juga memiliki pasar yang bagus. 

Hingga saat ini persentasi produk fermentasi ikan yang ada sangat kecil, hanya satu persen dari total produksi perikanan dalam negeri. Namun, peranannya sangat penting karena sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak produk fermentasi ikan yang bisa Anda buat, di antaranya ada 5 produk yang palin sering dijumpai di pasaran. Simak ulasan berikut ini.

Terasi

Terasi adalah pasta udang atau ikan yang difermentasikan secara tradisional dan biasanya diproduksi oleh penduduk di pesisir. Terasi menjadi produk fermentasi ikan yang paling popular di Indonesia. Hal ini dikarenakan tingkat penggunaannya yang cukup tinggi, apalagi untuk resep-resep makanan tradsional. Banyak masyarakat yang menyukai terasi karena bau serta rasanya yang unik mampu menaikkan nafsu makan.

Kecap ikan

Kecap ikan adalah cairan yang diperoleh dari fermentasi ikan dan garam. Kecap ikan sering kali digunakan oleh masakan Asia, seperti di Thailand, Filipina, Jepang, dan Indonesia. Kecap ikan biasnaya dibuat di daerah yang curah hujan tinggi karena tidak bisa mengeringkan ikan dan tidak memilik persediaan bahan baka ryang cukup untuk mengeirngkan secara mekanis.

Jambal roti

Jambal roti sangat popular di pulau Jawa, sentra produk jambal roti terdapat di Pekalongan, Cilacap, Cirebon, dan Pangandaran. Orang-orang menyenangi jambal roti karena rasa serta baunya yang spesifik mampu mengundang nafsu makan. Selain itu, teksturnya khas seperti pasir. 

Ikan peda

Ikan peda popular di pulau Jawa dan kini sudah dikenal oleh masyarakat idnonesia. Ikan peda memiliki rasa serta tekstur yang berbeda dibandingkan produk perikanan lainnya. Konsumen biasnaya tertarik dengan ikan pedayang mempunyai daging berwarna merah, hal ini dikarenakan lemaknya cukup tinggi yang mempengaruhi rasa dari produk tersebut.

Bekasang

Bekasang merupakan produk yang dibuat dari isi perut ikan cakalag yang berbentuk semi padat. Produk ini opuler di bagian Indonesia Timur, seperti Sulawesi Utara dan Kepulauan Maluku. Bekasang biasanya digunakna sebagai penyedap makanan seperti kecap ikan dan terasi.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/5-produk-fermentasi-ikan-yang-laku-di-pasaran/

Share Post :