5 Metode Mempercepat Benih Kemiri Berkecambah

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 05 Maret 2020
  • Dibaca: 421 Pengunjung

Bibit kemiri dapat diperoleh melalui dua cara, yaitu generatif dan vegetatif. Bibit generatif didapatkan dari menanam benih langsung di lahan pembesaran. Kekurangan dari penggunaan benih generatif adalah waktu berkecambah yang cukup lama. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menyemai benih di lahan khusus atau menggunakan beberapa metode di bawah ini yang mampu mempercepat benih kemiri berkecambah. 

Metode ketok pukul

Metode yang paling sederhana untuk dilakukan karena hanya perlu mengetok dan memukul benih hingga bulit buahnya retak. Saat kulit buah sudah retak, benih bisa lebih mudah berkecambah dalam waktu yang lebih singkat. Namun, benih harus diketok secara hati-hati agar benih di dalamnya tidak rusak akibat pukulan yang sembarangan.

 Metode kikir asah

Tujuan dari kikir asah hampir sama dengan metode ketok pukul, yakni memudahkan benih untuk berkecambah dengan melemahkan kulit buah. Pengikiran dilakukan di beberapa bagian pada benih yang berbentuk runcing. Pengikiran dilakukan menggunakan kikir besi dan harus dilakukan secara hati-hati agar bagian dalam benih tidak rusak.

Metode perendaman

Metode perendaman bisa dilakukan dalam beberapa cara, salah satunya adalah dengan merendam ke dalam air selama 10—15 hari dalam larutan H2SO4 dengak kepekatan 96 persen selama 15 menit atau larutan KNO3 sepekat 0,2 persen selaam 30 menit. Metode ini cukup efektif untuk dilakukan pada benih dalam jumlah yang cukup banyak.

Pembakaran

Metode pembakaran dilakukan dengan menanam benih kemiri dalam tanah sedalam 10—15 cm, lalu ditutup dengan pasir, daun kering, atau rumput. Selanjutnya, pasir, daun kering atau rumput dibakar selama 5—30 menit. Setelah pembakaran dan saat benih masih panas, benih langsung dimasukkan ke air dingin hingga cangkang benih yang semula keras langsung retak. 

Cara ini efektif untuk mempercepat benih kemiri berkecambah hingga 10—20 hari setelah semai yang mulanya membutuhkan waktu selama 4—6 bulan.

Metode kombinasi

Metode ini menerapkan seluruh metode sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Biasanya petani akan mencoba hingga menemukan kombinasi metode yang sempurna.

Sumber : https://www.pertanianku.com/5-metode-mempercepat-benih-kemiri-berkecambah/

Share Post :